Blogger Jateng

BERATAN TRADISI NISHFU SYA'BAN

Prambatan lor, Kudus - Beratan adalah acara tradisi di setiap malam nishfu sya'ban tepatnya pada tanggal 15 sya'ban di bulan hijriyyah. Banyak rangkaian acara yang di pelopori oleh JRA di bawah bidang Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dalam menyambut nishfu sya'ban.

TAHLIL MASAL
Dalam menyambut malam nisyfu sya'ban, JRA mengadakan tahlil masal dengan membacakan ribuan arwah dari masyarakat sekitar, acara ini di lakukan pada tgl 14 Sya'ban setelah sholat subuh.



KENDUREN
Kenduren atau Khajatan, di lakukan pada tgl 15 Sya'ban setelah sholat Maghrib, pada acara ini masyarakat sekitar membawa jaddah/medalen berupa makanan kecil ataupun besar dengan disertai makanan dengan nama "Puli", dalam acara ini kita melakukan dzikir dan amalan-amalan yg dianjurkan setiap malam nishfu sya'ban antara lain (membaca yasin, do'a nishfu sya'ban dan sholat sunah baro'ah)

BERATAN
Beratan adalah kegiatan anak-anak dengan membawakan lampion beramai-ramai turun di jalan dan mengelilingi kampung. Beratan ini menjadi pertanda bahwa pada malam itu adalah malam nishfu sya'ban. Budaya turun temurun dulu harapanya untuk menerangi kampung untuk memeriahkan beratan (bodo/lebaran puli) karena pada saat itu belum ada listrik.



TERBANG PAPAT
Terbang papat adalah seni budaya islam masa dulu, dengan alat terbang dengan ketukan-ketukan has bernuansa klasik.

KHOTMIL QUR'AN
Untuk menambah keberkahan pada nishfu sya'ban, pada tgl 15 sya'ban setelah sholat subuh di adakan khotmil qur'an bil ghoib, yang pahalanya di hadiahkan kepada muslimin uslimat yang sudah mendahului kita.

PENGAJIAN UMUM
Pengajian umum nishfu sya'ban sebagai acara penutup, yang di laksanakan tgl 16 di bulan Sya'ban.

Posting Komentar untuk "BERATAN TRADISI NISHFU SYA'BAN"