Blogger Jateng

BUKA LUWUR MBAH KYAI KRAMAT

Prambatan Lor - Buka luwur adalah tradisi atau adat pergantian kain putih yg di gunakan untuk menutupi makam wali atau tokoh yg telah menyebarkan agama islam. Syaikh Abdullah Joyorono merupakan tokoh agama yg telah menyebarkan agama islam di tanah Prambatan Lor, Kaliwungu Kudus, biasa lebih dikenal di masyarakat dengan "Mbah Kramat".


Kegiatan buka luwur di makam Mbah Kramat, dilakukan setiap Tanggal 15 di Bulan Muharram setiap tahunya, terdiri dari banyak agenda di antaranya :
  1. Tahlil Umum
  2. Khotmil Qur'an
  3. Pemasangan Luwur, dan
  4. Pengajian Umum

Kegiatan tahlil umum, khotmil quran dan pemasangan luwur dilakukan sebelum kegiatan pengajian umum, sedangkan pengajian umum itu sendiri dilaksanakan pada Tgl 15 Muharram 1440 dihadiri oleh Masyarakat sekitar dan juga ada beberapa dari luar desa.

Baca Juga



Dalam pengajian tersebut di isi mauidloh oleh Romo KH. Mashud Siraj dari Karang Bener, sepenggal isi dari mauidlohnya mengatakan, Haul (mufrod) / Ahwal (Jama') artinya sebuah kegiatan yg bersifat tahunan (seperti maulid nabi, 17san agustus, dll), akan tetapi haul sekarang sudah dikhususkan untuk memperingati atau mengenang wafatnya waliyullah, kyai, alim ulama, tokoh agama, dll.

Dalam memperingati haul'nya waliyullah insya allah keberkahan dari beliau juga akan kita dapatkan. Aamiin. (red. elfa)

Posting Komentar untuk "BUKA LUWUR MBAH KYAI KRAMAT"